Mungkinkah Manusia Mampu Bertahan Hidup Tanpa Serangga?

Apa dan Mengapa - Mungkinkah Manusia Mampu Bertahan Hidup Tanpa Serangga? - Jawabanya sangat sulit atau bahkan tidak mungkin. Serangga berperan sangat penting dalam kehidupan manusia. Hewan serangga (sebagian besarnya lebah) melakukan penyerbukan setidaknya sepertiga dari total volume tanaman pertanian di seluruh dunia. 

Serangga Lebah membantu manusia dengan penyerbukan bunga
Serangga Lebah membantu manusia dengan penyerbukan bunga

Kupu-kupu berperan dalam penyerbukan tanaman
Kupu-kupu juga berperan dalam penyerbukan

Peran penting serangga lainnya membantu proses dekomposisi dengan menghancurkan tanaman dan binatang yang telah mati, hingga bumi kita tetap bersih dan nutrisi dari tumbuhan dan hewan kembali ke tanah.

Contoh fungsi serangga yang nyata ada di Australia. Di Australia terdapat jutaan ekor hewan ternak yang menghasilkan kotoran yang sangat banyak. Kotoran ternak itu menjadi tempet berkembang biak lalat semak. Australia menggunakan Kumbang kotoran Onthophagus vacca (dung bettle) untuk mengatasi masalah lalat tersebut. Kumbang kotoran mengurangi jumlah lalat dengan memakan kotoran ternak tempat lalat-lalat berkembang biak.

Kumbang kotoran: contoh peran serangga
Kumbang kotoran mengurangi kotoran ternak di Australia

Serangga juga bagian dari sistem jaring makanan yang komplek. Tanpa serangga untuk makanan, dunia akan kehilangan banyak jenis reftil, amphibi, burung. Terdapat hampir 200 juta jenis serangga untuk setiap 1 orang. Jika serangga hilang mungkin manusia akan tergantung pada hasil laut sebagai sumber makanan. 

Lalat berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem
Lalat berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem
Jadi jangan pernah merasa serangga hanyalah pengganggu.  Manusia tidak bisa hidup tanpa kehadiran serangga. Serangga sangat layak untuk dihargai seperti mahluk hidup lainnya.