Apakah Tumbuhan Mempunyai Sistem Kekebalan Tubuh ?

Apa dan Mengapa - Apakah Tumbuhan Mempunyai Sistem Kekebalan Tubuh ? - Jawabannya adalah ya, tumbuhan mempunyai sistem kekebalan tubuh. Setiap jenis tumbuhan mampu bertahan hidup dari berbagai serangan patogen seperti jamur, bakteri atau virus.
 
Gambar tumbuhan Bagian tumbuhan
Gambar tumbuhan paku
Setiap sel tumbuhan mempunyai cara tertentu untuk melawan patogen yang menyerangnya. Bisa dengan mempertebal dinding-dinding sel-nya, mengeluarkan senyawa  antimikroba seperti  phytoalexin atau enzim yang mengganggu pathogen, atau memblok kode-kode Asam Ribonukleat virus yang menyerangnya. 

Gambar tumbuhan Bagian tumbuhan
Tumbuhan hutan mempunyai sistem kekebalan tubuh

Lebih ektrim lagi  sel-sel tumbuhan yang terserang bahkan rela “bunuh diri” demi menyelamatkan sel-sel yang lain. Sel tumbuhan juga akan mengeluarkan “peringatan” terhadap sel-sel terdekatnya.

Sistem kekebalan tubuh tumbuhan tidak se-komplek seperti manusia dan hewan
Sistem kekebalan tumbuhan
Sistem kekebalan tubuh tumbuhan tidak se-komplek seperti manusia dan hewan. Manusia dan hewan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang disebut Adaptive Immune System (AIS). Kelebihan AIS adalah mampu membedakan sel-nya sendiri atau sel asing dan mampu mengingat ciri  sel asing atau jenis pathogen yang pernah menyerangnnya.