Benarkah gajah tidak pernah lupa?

Apa dan Mengapa - Benarkah gajah tidak pernah lupa? - Gajah terkenal dengan daya ingat yang panjang dan tingkat kecerdasan yang tinggi.


Kawanan gajah di habitat alaminya
Kawanan gajah di habitat alaminya
Gajah memiliki ukuran otak yang besar dan lobus temporal, bagian otak yang bertanggung jawab atas ingatan dengan jumlah lipatan yang lebih banyak. Hal ini membuat gajah dapat 'mendownload' kembali data kelangsungan hidup penting yang pernah disimpannya, seperti di mana menemukan makanan dan air , dan siapa teman atau lawan.

Betina pemimpin kawanan gajah dapat mengenali lebih dari 200 anggota kawanannya. Selama musim kering, pemimpin kawanan akan memimpin anggota keluarga ke sumber air yang pernah mereka datangi sebelumnya dengan mengingat kembali "peta" yang pernah mereka buat sepanjang ratusan kilometer. 


Pemimpin dan kawanan gajah di sumber air
Pemimpin dan kawanan gajah di sumber air
Kejadian menarik di The Elephant Sanctuary - Area organisasi nirlaba yang terletak di Hohenwald, Tennessee, habitat alami terbesar di Amerika yang dikembangkan khusus untuk gajah, pada tahun 1999, seekor gajah bernama Jenny menjadi sangat bersemangat saat seekor gajah baru bernama Shirley tiba. Ternyata keduanya pernah tampil dengan sirkus yang sama selama beberapa bulan - 22 tahun yang lalu.

Gambar Gajah
Gambar Gajah
Jadi meskipun gajah pasti lupa apa yang tidak perlu diingat, hewan gajah tampaknya akan selalu ingat apa yang tidak bisa mereka lupakan.